Jumat, 17 Juni 2016

APA ITU PROFESI ANALIS KESEHATAN

Kerjaan analis kesehatan ngapain si?,..nah,..kalau kalian pernah ke rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, pasti ketika periksa, entah diambil darah, atau disuruh kencing dll. Nantinya darah kalian akan ditaruh ditempat yang sudah ditentukan kan?, nah darah kalian nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa, nah,..disitulah tugas seorang analis kesehatan untuk memeriksa.

Memeriksa penyakit?, penyakit apa?,..bukannya yang memeriksa itu dokter ya?,..memang, anda akan berhadapan dengan dokter, tapi kalian juga biasanya lihat kalau dokter pasti pegang kertas2 hasil pemeriksaan kaan?, dan waktu kalian pulang pasti dikasih amplop yang isinya hasil pemeriksaan kaaan?,..naah, kertas2 itu asalnya dari laboratorium loooh,..yang memeriksa dan menulis hasil itu analis Kesehatan. Coba deh bayangin kalo hasil pemeriksaan itu nggak akurat. Bisa saja si pasien dikasih obat yang salah dan diagnosa penyakit yang tidak tepat. 

Makannya, meskipun kerjaan analis cuma di balik layar. Nggak ketemu secara langsung dengan pasien tapi fungsi analis kesehatan sangat penting. Sebuah pekerjaan yang beresiko tinggi. Harus teliti, dan berhati-hati. Karena selain hasil yang harus dipertanggungjawabkan kita juga berhadapan dengan spesimen yang bisa saja menularkan penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai yang fatal seperti hepatitis dan HIV.

Penyakit apa saja yang bisa dijelaskan secara medis kita pelajari pastinya. Dari mulai yang sederhana, cek Hb, gula darah, kolesterol, bahkan penyakit berat sekalipun seperti TBC,HIV-AIDS.

ooh..cek Hb?, gula darah?, perawat di tempatku juga bisa loh.
Eiits,..tunggu dulu,..mungkin perawat, bidan, dan dokter, bahkan ahli kesehatan lain bisa,..tetapii!!,analislah yang terlatih dan mempunyai kewenangan bahkan sertifikat untuk memeriksa yang demikian. analis sendiri juga diajari ilmu pengobatan kok. walaupun sedikit, mungkin perawat juga diajari cara mengambil darah dll, tetapi yang berwenang melakukan pemeriksaan semua itu adalah analis pastinya !!..walaupun yang berhak menyimpulkan hasil akhir adalah dokter.
 
Jadi jangan salah, tanpa bantuan analis dokter pun tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan pemeriksaan penyakit berat yang membutuhkan pemeriksaan laboratorium. Jangan lupa kalo ingin tau lebih jauh tentang analis, ikuti terus perkembangannya. mulai dari info organisasi analis kesehatan sampai info seputar seminar dan lainnya di blog baru saya.
 
 

Tidak ada komentar: